Peneliti Israel Menemukan Cara Memulihkan Sel Jantung Yang Rusak...



Peneliti Israel Menemukan Cara Memulihkan Sel Jantung Yang Rusak... [ www.BlogApaAja.com ]

Selama ini yang kita tahu jika jantung kita mengalami kerusakan, maka sisa hidup kita tinggal sebentar lagi. Kecuali jika ada jantung lain yang didonorkan untuk menggantikan jantung kita. Namun itu juga belum tentu cocok. Namun penemuan mencengangkan lagi-lagi dicetuskan oleh peneliti-peneliti dari Israel.

Beberapa orang peneliti dari Rambam Medical Center dan Technion-Israel Institute of Technology telah menemukan sebuah teknik sel kulit baru yang diklaim mampu memulihkan kerusakan yang terjadi pada otot-otot jantung untuk dapat menghasilkan sel jantung baru yang berdetak.

Dipublikasikan di European Heart Journal, sebuah study baru untuk melahirkan kemungkinan-kemungkinan baru untuk pasien penderita kerusakan sel jantung. Meskipun saat ini teknik ini sedang diujicobakan pada tikus percobaan, tidak mustahil jika dalam waktu dekat teknik ini sudah siap untuk diujicobakan kepada manusia. Untuk itu para peneliti membutuhkan sel kulit dari penderita kerusakan jantung yang sebenarnya.

Secara sistematis para peneliti mengubah sel kulit menjadi jaringan otot jantung dan menanamkannya ke tubuh tikus. Dan hasilnya sungguh mencengangkan. Sel jantung buatan yang ditanamkan berfungsi dengan baik dan berdetak bersamaan selama satu sampai dua hari.

Yeah, meskipun teknik ini sudah cukup berjalan pada tikus percobaan, tetapi masih dibutuhkan waktu sekurang-kurangnya satu dekade untuk teknik ini siap diterapkan pada manusia. Paling tidak begitulah yang dikatakan para peneliti dari Rambam Medical Center dan Technion-Israel Institute of Technology.

Follow On Twitter